Livescore – Radja Nainggolan, Pesepakbola Internasional Berdarah Batak

Hai para pencari Livescore sepak bola di senigoal.net. Pasti tahu dong dengna pesepakbola yang dijuluki Il Ninja? Yah, dia adalah Radja Nainggolan, gelandang klub sepak bola AS Roma yang ternyata mempunyai darah keturunan Batak. Radja Nainggolan dilahirkan pada tanggal 4 Mei 1988 merupakan pesepakbola profesional berkebangsaan Belgia yang saat ini bermain sebagai posisi gelandang untuk klub Liga Italia, AS Roma dan bermain juga untuk timnas Belgia. Kali ini, senigoal.net akan berbagi informasi lebih lanjut seputar amang yang satu ini. Disimak ya guys.

Masa Kecil

Nainggolan dilahirkan pada tanggal 4 Mei 1988 di Antwerp merupakan putra dari Lizy Bogaerts, seorang etnis Flander berkebangsaan Belgia. Ibunya membesarkan dia bersama 3 saudara tiri dan saudari kembarnya. Ayahnya, Marianus Nainggolan, suku Batak Indonesia telah meninggalkan keluarganya tanpa meninggalkan apa-apa sejak dia masih kanak-kanak.

Ibunya Nainggolan sendiri meninggal di tahun 2010, dan sejak kematiannya, Radja mentattoo dua sayap besar di punggungnya disertai tanggal kelahiran dan kematian sang ibu. Ia dibesarkan dengan agama Katolik Roma dan berbahasa Belanda, Inggris dan Italia dengan lancar, dan mengerti bahasa Prancis.

Karir Sepak Bola

Radja dianggap oleh banyak ahli, merupakan salah satu dari gelandang tengah terbaik di Eropa. Nainggolan sendiri memulai karir bermain seniornya di klub Piacenza di Italia sebelum menandatangani kontrak dengan klub Cagliari di tahun 2010. Di saat bermain di Cagliari-lah, ia mendapat julukan Il Ninja. Setelah 4 musim bergabung bersama klub yang bermarkas di Sardinia tersebut, dia kemudian dikontrak oleh Roma di tahun 2014. Di saat Euro 2016, Nainggolan turut serta mewakili negaranya, Belgia.

Gaya Permainan

Diakui banyak ahli sebagai gelandang tengah terbaik dan mempunyai keahlian terlengkap di Eropa, dikarenakan kemampuannya yang mampu membantu timnya secara ofensif (menyerang) maupun defensif (bertahan). Ia juga merupakan sosok gelandang yang cepat, dinamis, pekerja keras, dan mempunyai fisik yang kuat dan lincah; bahkan memiliki kemampuan bermain di berbagai posisi gelandang. Dikarenakan juga memiliki jangkauan penglihatan, daya oper dan teknik yang bagus, ia sering ditempatkan sebagai playmaker di depan baris pertahanan timnya.
Selain itu ia dikenal memiliki semangat menyerang, kemampuan untuk maju dan kemampuannya mencetak goal dari posisi tengah, berkat kemampuan menyerang yang kuat dan cukup akurat dari kejauhan. Bakat, tenaga, keahlian dan berbagai kemampuan yang luas menempatkannya sebagai playmarker terdepan ketika bermain ofensif saat bersama klub Cagliari.

Berkat kecepatan, stamina dan keuletan serta tekel yang agresif, sebagaimana juga dengan kesudian dan kemampuan mengejar bola dan menahan lawan, membuatnya termasuk juara penguasa bola yang baik.  Setelah pindah ke klub Roma, dia kebanyakan ditempatkan sebagai gelandang tengah atau bertahan dalam formasi 4-3-3, dan terkadang sebagan bek kanan. Setelah kedatangan Luciano Spalletti, dia kembali bermain sebagai posisi gelandang penyerang atau striker kedua di formasi 4–2–3–1 atau a 3–4–2–1. Terkadang dia juga ditempatkan di posisi tengah dan menyerang. Berkat kemampuannya yang begitu lengkap, sang pelatih bahkan juga pernah menyebut bahwa Radja Nainggolan merupakan Monster Langka!

“Jika Anda menempatkannya di depan bek, dia melipatgandakan kualitas di barisan sana. Dia dapat menembak, seperti yang kita saksikan Minggu lalu [melawan Inter dan menang 3-1], begitu pula dengan mengejar lawan di sudut lapangan. Biasanya jika seorang pemain bisa melakukan satu hal, dia tak bisa melakukan hal lain. Dia bisa mendribel, bisa melewati sepuluh pemain… Dia seorang monster langka,” ungkap Spalletti.

Well, amang yang satu ini memang perlu diacungi jempol. Salut. Semoga para penggemar Livescore bermain terus di situs senigoal.net ya. Cheers.